Senin, 19 Desember 2011

Mudahnya Menanam Jagung

Menanam  Jagung

Berfikiran juga buat posting ilmu pertanian, berhubung penulis juga nyambi jadi petani dirumah.. jadi lumayan banyak pemahaman tentang bercocok tanam, baik disawah maupun dilahan. Berhubung bulan ini lagi musim tanam jagung maka penulis akan sedikit memberikan bocoran cara tepat menanam jagung. Adapun caranya sebagai berikut..
A.      Pengolahan Tanah
Lakukan pengolahan tanah sebaik mungkin, cangkul tanah sebulan sebelum penaman agar struktur tanah seimbang sewaktu ditanam.
Seminggu sebelum penanaman buatlah lubang buat menaman dengan diameter 20 cm, jarak antara lubang; 80 x 100 cm
setiap lubang diberi pupuk kandang. Kenapa menggunakan pupuk kandang? Karena pupuk kandang tidak memakai bahan kimia dan harganya lebih murah dibanding  pupuk kimia (NPK). Pupuk dibubuhkan seminggu sebelum masa tanam agar pupuk kandang tidak panas dan biji tidak membusuk.
B.      Penanaman
Pilihlah jenis jagung yang berkualitas, Letakkan benih jagung disamping pupuk (jangan menaruh biji tepat diatas pupuk) kurang lbih berjarak 3-5cm. kemudian tutup lubangnya dengan  tanah sedikit saja yang penting benih tidak terlihat, bila terlalu tebal maka benih susah muncul ke atas permukaan. Bila tanah kering berikan pengairan secukupnya.
C.      Tanaman Umur 25-30 Hari
Lakukan pemupukan susulan pertama dengan Urea ( minimal 200 kg per HA), letakkan pupuk kurang lebih 10 cm disampiang tanaman dan tutup dengan tanah. Lakukan penyiangan dan pembumbunan, berikan pengairan secukupnya dan bila timbul gejala serangan hama/penyakit semprotlah dengan memnggunakan pestisida
D.      Tanaman Umur 40-45 Hari
Lakukan pemupukan susulan kedua dengan Urea (minimal 200 kg per HA) letakkan pupuk dengan jarak lebih jauh dari pemupukan pertama yaitu 15 cm dan tutup dengan tanah. Lakukan penyiangan dan pembumbunan hingga akar semu tertutup oleh tanah
Berikan pengairan lebih banyak pada saat pembungaan dan pengisian biji. Bebeaskan tanaman dari gulma selama masa pertumbuhan sampai menjelang panen.
E.       Masa panen
Jagung dapat dipanen setelah tonggkol masak atau cukup umur panen. Ciri-ciri tongkol masak atau cukup umur panen adalah; kelobot (kulit jagung) kering dan berwarna kuning, biji mengkilap, kering, keras dan tidak membekas bila ditekan dengan kuku.
Ini cara singkat menanam jagung, bila ad yang ingin bertanya dan ingin menambahkan silakan..

0 komentar:

Posting Komentar

Klamut (KaLimAt MUTiara)

Berfikir dan belajarlah melihat kenyataan bahwa setiap orang yang kita jumpai melebihi kita dalam beberapa hal.

Lebih baik gagal daripada anda tidak mencoba sama sekali, karena minimal anda sudah memiliki pengalaman mencobaanya.

Hasil dan keadaan anda hari ini adalah hasil perbuatan anda hari kemarin, hasil anda hari esok adalah hasil perbuatan anda hari ini

Jalan2 ke: